Cara Flashing Update Android Chip Mediatek Via SP Flashtool


Smartphone yang memakai chipset mediatek memang banyak di gunakan oleh vendor vendor ternama seperti Lenovo, Mito, Evercoss, Huawei, Xiaomi dan berbagai vendor asal smartphone china. tak heran jika mediatek memiliki pasar yang sanggat besar. Ada beberapa ke lebihan dan kekurangan Chipset Mediatek sesuai dengan kelasnya masing-masing. Banyak kasus kerusakan Smartphone yang di sebabkan karena kesalahan pemakaian ataupun karena chipset mediatek yang masih kelas bawah. sehingga smartphone sering mengalami hang logo ataupun menutup paksa aplikasi ini bisa di sebabkan oleh kecilnya Ram pada smartphone atau bisa juga karena chipset mediatek mengalami bad sector.

Pada kesempatan kali ini zonexweb ingin membahas bagaimana solusi jika chpset mediatek yang ada pada smartphone kita mengalami ganguan software yang sering terjadi seperti handphone yang sering restart atau hang logo. atau force close menutup paksa aplikasi ataupun banyak aplikasi yang hilang. jika permasalah seperti itu yang muncul pada smartphone anda ada baiknya melakukan beberapa penangan pertama pada smartphone, bisa dengan melakukan Hard reset Recovery atau melakukan flashing firmware dengan menggunakan SP Flashtool yang memang di buat khusus untuk smartphone yang ber chipset mediatek.

SP Flashtool ada berbagai versi yang bisa kita pakai untuk melakukan Flashing atau sekedar melakukan Rooting pada smartphone yang berchipset mediatek. jika anda mengalami kendala dengan smartphone berchipset mediatek, saran tebaiknya yang harus anda lakukan adalah melakukan flashing sesuai dengan versi  Flashtool yang di rekomundasikan smartphone anda. di bawah ini Produk smartphone yang memakai chipset mediatek di antaranya:



Berikut persiapan sebelum melakukan flashing update pada smarthone berchpset Mediatek.
  1. Mtk Driver
  2. Usb Mediatek
  3. SP Flashtool sesuai dengan versi handphone
  4. Komputer ber OS Windows
  5. kabel usb
  6. Firmware sesuai dengan tipe smartphone
  7. Batre Smartphone minimal berisi 50%

Jika Sudah menyiapkan semau ikuti panduan di bawah ini dengan benar :
  1. Download dan install Usb Driver
  2. Download dan install mediatek driver 
  3. Download dan ekstrack file firmware
  4. Download dan buka SP Flashtool.exe
  5. Pilih File Scatter Loading pada SP Flashtool
  6. Arahkan kedalam file firmware yang telah di ekstrack.
  7. Isikan scatter yang ada dalam firmware.
  8. Tunggu hingga SP Flashtool selesai mengisi atau menyapkan file firmware
  9. Klik Download pada SP Flashtool dan tunggu hingga selesai.

  10. Jika selesai akan muncul lingkaran hijau yang menandakan bahwa smartphone anda sudah sukses di update flashing.
Proses di atas berlangsung tidak terlalu lama sekitar 5 atau 10 menit tergantung pada ukuran firmware yang anda isi, pastikan selama proses flashing tidak ada gangguan pada komputer, seperti kabel tesenggol yang bisa mengakibatkan putus di tengan jalan, ini bisa berdampak smartphone anda matot. jika sudah seperti itu anda harus menggulangi lagi proses flashing dari awal. kebanyak masalah yang terjadi saat anda melakukan flashing dengan sp flashtool adalah berhenti setelah jalan beberapa detik. untuk kasus seperti ini sering terjadi karena tidak cocoknya flashtool yang di gunakan. atau juga file firmware yang tidak cocok.

Perlu di ingat bahwa sp flashtool hanya di gunakan pada smartphone saat anda sudah terdesak. karena untuk melakukan proses flashing bisa sanggat berisiko bisa mengakibatkan handphone mati total jika mengalami kegagalan. sp flashtool hanya di gunakan untuk memperbaiki permasalah software atau pun melakukan rooting pada smartphone yang ber chipset mediatek, jadi tidak dapat di pakai untuk smartphone yang chipset spreatrum snapdragon ataupun yang lainya. Selamat Mencoba

(Baca juga : Cara Flashing Update Sony Xperia Via Flashtool)